5 langkah teknik membaca  

 

 

Tahapan berikutnya ialah mengenalkan suku kata dan membudayakan si anak mengucapkannya. Suku kata ini ialah kombinasi antara huruf vokal dan konsonan. Pada proses awal, silahkan kenalkan mereka dengan konsep A, I, U, E, O. Biasakan mereka menyampaikan hal ini tanpa mesti memakai kombinasi huruf lain.

Jika terlihat telah lancar, barulah kenalkan suku kata yang memakai kombinasi huruf vokal dan konsonan. Hal laksana Ba, Bi, Bu, Be, Bo pasti jadi lebih gampang dimengerti andai si anak sudah dapat mengucapkan huruf pada langkah kesatu dan pun huruf vokal yang diajar sebelumnya.

Biasakan si anak mengucapkan sekian banyak kombinasi suku kata ini hingga mereka hafal diluar kepala. Proses menghafal ini tidak butuh ditekan, lumayan biasakan saja pada si anak. Saat interaksi sehari – hari, jajaki ajak si anak menyampaikan suku kata ini. Jika dibiasakan, mereka tentu dapat hafal sendiri tanpa mesti dipaksa.

Perbanyak Variasi dan Kombinasi Suku Kata Bagi Anak Baca

Perbanyak Variasi dan Kombinasi Suku Kata Bagi Anak Baca
Photo by Stephen Andrews on Unsplash

Saat telah mulai terbiasa melafalkan suku kata dengan rangkaian A, I, U, E, O, kini waktunya belajar menyimak kombinasi dan variasi suku kata yang lain. Coba ajari si anak mengenai kata – kata yang terbentuk dari suku kata yang mereka telah pelajari sebelumnya.

Sebagai misal hal laksana Pa, Pa dapat membantu papa untuk menunjukkan pada ayah. Contoh lain dapat juga Ba, Bi guna untuk menunjukan hewan babi. Kenalkan anak pada konsep kata dengan menggabungkan suku kata tersebut. Buat sesi belajar simple dengan urusan ini.

Pada langkah ini, kita juga dapat mulai kreatif memakai media belajar lain. Contoh ketika jalan – jalan ke lokasi tinggal sanak keluarga, Anda dapat tunjukan sejumlah tulisan yang dapat dieja mudah sebab susunan suku kata yang simple. Hal laksana To, Ko, Bu, Ku, Bu, Di, tentu dapat dibaca gampang oleh anak dan Anda dapat hubungkan urusan itu dengan urusan yang nyata yakni toko kitab Budi yang ditemukan di jalan.

Proses ini ialah tahapan yang lumayan kompleks. Jadi pastikan damping si anak guna mengoreksi bagaimana mereka menyimak dan menyampaikan suku kata tersebut. Anda pun harus lihat semangat si kecil saat mengerjakan proses ini. Jangan sampai sebab terlalu dipaksa membaca, si anak jadi merasa tertekan dan ngambek ketika proses ini.

Perkenalkan Suku Kata Huruf Mati dan Suku Kata Tiga Huruf

 

Langkah berikutnya ialah mengajarkan anak untuk menyimak huruf mati. Kombinasi huruf laksana Ng, Kh dan Ny ialah hal yang penting. Tidak seluruh kata mempunyai susunan kombinasi suku kata yang normal. Hal laksana “ikhlas” contohnya ialah hal yang lumayan kompleks guna anak yang baru Cara Belajar Membaca. Tapi sekitar mereka dapat menirukan bunyi yang dikeluarkan, mereka nantinya tentu paham.

Untuk teknik mudah melatih anak soal ini, Anda dapat kenalkan sejumlah konsep nyata yang berhubungan. Contoh saja memakai tulisan di warung bakso dan menyaksikan tulisan Bakso Bang Budi. kita tidak butuh mengajarkan soal Bakso, namun lebih pada kata Bang untuk mengenalkan konsep Ng pada proses membaca. Jika urusan ini dilaksanakan berulang – ulang, si anak bakal mulai terbiasa.

Jika telah terbiasa dengan suku kata huruf mati, kini waktunya mengenalkan dengan suku kata tiga huruf. Hal laksana kata bakso pasti tidak dapat diajarkan tanpa perkenalan suku kata tiga huruf. Coba ajarkan bunyi laksana Ter, Bak, Pun, Kan dan beda seterusnya. Suku kata yang diseKursusaikan huruf konsonan ini mempunyai suara yang khas ketika dibaca. Jadi pastikan si anak terbiasa pun dengan urusan ini.

Ajak Bicara dengan Menggunakan Kata Utuh

Ajak Bicara dengan Menggunakan Kata Utuh
Photo by Picsea on Unsplash

Langkah teknik mengajarkan anak menyimak yang terakhir ialah mengajak bicara si anak seputar kata – kata utuh. Usahakan dorong si anak untuk berpindah dari melafalkan bacaan mereka sampai membaca memakai kata penuh.

Proses ini bakal memakan masa-masa lama tapi ialah hal yang sangat menyenangkan. Si anak pasti akan mengejar kata – kata baru masing-masing harinya dan mengupayakan membaca urusan itu sebagai kata yang utuh. Dalam proses ini, Anda dapat kenalkan tidak sedikit kegiatan yang mengasyikkan untuk menolong anak menyerap sekian banyak kosa kata baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *