Jalan yang Jarang Dijelajahi

 

“Dua jalan bercabang di hutan, dan aku, aku mengambil jalan yang jarang dilalui, Dan itu membuat semua perbedaan.”

– Robert Frost

Saya menonton Triumph of the Will karya Leni Riefenstahl, bisa nonton di Rebahin untuk menyaksikan sebuah film yang sangat kontroversial tentang Reli Nuremberg 1934 karya Hitler yang dibuat oleh penikmat film Toronto yang sama kontroversialnya, Reg Hartt, di Cineforum (teater darurat di rumahnya). Film itu membuat saya terpesona. Itu adalah penggambaran kehidupan nyata yang kuat dari mesin propaganda Hitler dan konsekuensi mengerikan dari manipulasi media massa. Rasa dingin yang menakutkan menembus tulang punggung saya ketika saya melihat cuplikan udara dari kolom demi kolom tentara tanpa akhir berbaris melalui jalan-jalan Nuremberg. Anak laki-laki dan perempuan kecil Jerman menyambut Fuhrer dengan senyum polos dan tangan idealisme muda yang terulur. Pemuda-pemuda kecil Jerman menabuh genderang kematian. Hitler membelah lautan tentara yang setia. Dan menyaksikan sebuah bangsa terpesona oleh mantra monster kecil, sederhana, dan tampak biasa ini.

Yang benar-benar mengejutkan saya adalah komentar Reg Hartt setelah film berakhir. Seorang wanita terus datang untuk menonton film itu, lagi dan lagi. Dia telah menghadiri menonton lebih dari enam belas kali. Ketika dia bertanya padanya apa yang dia temukan begitu menarik tentang film itu. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia adalah gadis muda yang tersenyum di film yang melihat ke bawah dari atap di parade Hitler. Dia bersama Ibu, Ayah, saudara perempuan, dan saudara laki-lakinya. Mereka mengibarkan bendera Nazi dan menyemangati Hitler. Mereka adalah orang Yahudi. Dia adalah satu-satunya yang selamat di keluarganya.

Bendera apa yang kamu kibarkan? Mentalitas kawanan apa yang telah kita terima tanpa berpikir lebih jauh, tanpa pengawasan? Saya menantang Anda untuk mengambil jalan yang jarang dilalui. Ini adalah pengetahuan yang tidak biasa yang memunculkan kepemimpinan yang tidak biasa.

Lakukan sesuatu yang tidak biasa. Pergi ke perpustakaan dan pilih buku yang tidak akan pernah Anda sentuh dalam sejuta tahun. Tonton film dengan genre yang jarang Anda lihat. Hadiri kuliah dengan topik yang akan membuat kebanyakan orang berkata, “Hah?” Apa satu hal yang dapat Anda lakukan atau alami bulan ini yang tidak biasa? pergi melakukannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *