Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam Di samping Sebagai Bumbu Masak Juga Bisa Dijadikan Obat Diabetes, Mengatasi Batu Ginjal, Bahan Anti Nyamuk dan Banyak Lagi. Bagi anda orang Indonesia pastinya tidak asing lagi dengan daun rempah yang satu ini. Ya, daun salam yang tidak jarang kita pakai sebagai bumbu masak yang bisa menambah wewangian dan cita rasa makanan. Contoh masakan yang biasa memakai daun salam sebagai rempah laksana rendang, tumisan, soto dan maish tidak sedikit lagi.

Daun salam tubuh subur di Indonesia dan pastinya nyaris semua orang mengenal daun ini. Aromanya yang khas bisa menggugah selera kita. Nah, sudahkah kita tahu bila daun salam ini dapat dijadikan obat alami? Jika belum, silahkan simak kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh kita.

Dibawah ini ialah 7 guna daun salam untuk kesehatan kita.

  1. Obat Diabetes

Penderita diabetes tipe 2 dapat menggunakan daun salam sebagai obat herbal. Karena daun ini memiliki sifat menurunkan gula darah, kolesterol, dan trigliserida. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan secara rutin masing-masing hari sekitar 30 hari.

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Air rebusan daun salam pun sangat berkhasiat untuk menanggulangi batu ginjal. Ekstrak pada daun salam ini dapat mengurangi urease dalam tubuh. Urease ialah enzim yang andai berlebihan bisa menyebabkan sejumlah gangguan.

  1. Mengatasi Perut Kembung

Penderita perut kembung juga dapat menggunakan daun salam sebagai pengobatan pilihan yang aman. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun salam yang dapat dicampurkan dengan jahe dan madu. Khasiatnya ialah mengobati keluhan laksana konstipasi, asam lambung atau mulas.

  1. Mengobati Darah Tinggi

Manfaat selanjutnya yakni guna mengobati darah tinggi. Air rebusan daun salam akan meminimalisir tekanan darah dan menambah sirkulasi.

  1. Mengobati Asam Urat

Meminum air rebusan daun dalam 2 kali sehari bisa menmgatasi masalah asam urat yang diderita. Zat kimia yang terdapat di daun salam berupa flavonoid, tritepen, tannin, polifenol dan alkaloid dapat memperbanyak buatan urin sampai-sampai kadar asam urat dalam darah dapat menurun.

  1. Bahan Anti Kanker

Senyawa flavonoid pada daun salam pun sangat efektif sabagai penangkal kanker guna membunuh sel-sel kanker yang tumbuh secara masif dan abnormal dalam tubuh. Sedangkan kandungan asam caffeic, eugonol, catechin dan quercetin pada daun salam itu akan melawan perkembangan sel-sel kanker.

  1. Bahan Anti Nyamuk

Kandungan asam pada daun salam juga dapat dijadikan pengusir nyamuk. Namun daun salam mesti di ekstrak dan diubah menjadi minyak supaya bisa digunakan.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang guna daun salam untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bisa berguna untuk pembaca sekalin. Terima kasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *